Sabtu, 01 Desember 2012

Tafsir Mars PLH



Judul : Mars PLH SMA Negeri 8 Pekanbaru
Karya : Drs. Oan Hasanuddin, RO., Akp., MA.

Tuhan Ciptakan Alam Nan Indah

Manusia Penerima Amanah

Wahana Karya Bernilai Ibadah

Ambil Manfaat Jangan Serakah


Tafsir:
Bumi yang kita tempati ini adalah ciptaan tuhan,tuhan menciptakan bumi atau alam ini seindah mungkin


agar manusia bisa tinggal didalamnya. Tuhan telah memberikan kita alam yang indah dengan berbagai manfaat untuk kita didalamnya, namun tuhan juga telah memberikan kita kepercayaan untuk merawat alam indahnya ini sebaik mungkin.Dan juga dalam mengambil manfaat bumi ini kita atau manusia sebagai pemimpin dibumi ini tidak boleh serakah,karena anak anak cucu kita juga memerlukannya.

Karya Agung-Nya Teramat Luhur

Semua Makhluk Hidup Makmur

Amal Berkah Tumbuh Subur

Jagat Raya Sujud Syukur


Tafsir:
Bumi kita ini sangatlah sempurna tuhan telah menciptakannya dengan berbagai manfaat, sumber daya alam yang berlimpah, keanekaragaman mahkluk hidup yang hidup didalamnya. Dan juga mahkhluk-mahkluk hidup yang ada di bumi ini pun hidup dengan sejahtera karena banyaknya sumber daya yang tersedia secara Cuma-Cuma di alam. Karena inilah manusia mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada tuhan yang telah menciptakan alam yang sangat indah dan sempurna ini.


Buma Buha Mata

Buka Mata Buka Hati

Memelihara Alam Titipan Allah


Tafsir:
“Bukalah mata, Bukalah hati”. Itulah yang kita harus lakukan oleh manusia sebagai pemimpin di bumi ini, kita harus membuka pikiran kita akan apa yang sekarang sedang terjadi dibumi kita ini. Kerusakan Lingkungan terjadi dimana-mana, dan kerusakan lingkungan itu sebagian disebabkan oleh ulah tangan manusia yang hanya memikirkan dirinya sendiri atau biasa disebut juga dengan keegoisan. Manusia sebagai penerima kepercayaan dari tuhan yang telah menciptakan alam ini harus bisa menjaga dan merawat alam titipan tuhan ini sebaik mungkin.


Jagalah Mata, Jagalah Hati

Ayunkan Tangan, Langkahkan Kaki

Memelihara Alam Titipan Ilahi

Cermin Insan Khalifah Fil Ardhi

Tafsir:
Setelah manusia melihat alam disekitarnya. Manusia juga harus melakukan sebuah tindakan yang nyata untuk memelihara lingkungan nan-indah ini. Karena jika bukan manusia yang melakukannya siapa lagi. Selain itu manusia juga diberi tanggung jawab sebagai pemimpin dibumi ini, atau bisa disebut dengan “Khalifah”. Dan yang memberikan tanggung jawab itu adalah sang pencipta, yang Maha Agung , Maha Pemurah yaitu, Tuhan kita sendiri.

Karena Ulah Tangan Manusia

Darat dan Laut Rusak Binasa

Warisan Anak Cucu Tak Tersisa

Bencana Alam Dimana-Mana


Tafsir:
Karena perbuatan manusia yang bertindak seenaknya saja melakukan sesukanya, terjadilah kerusakan lingkungan dimana-mana , Dilaut, Didarat, maupun udara terjadi kerusakan padanya. Jika hal ini terus berlanjut maka anak cucu kita yang akan menjalani hidup setelah kitalah yang paling merasakan akibat dari perbuatan tak senonoh kita tersebut. Selain itu karena perbuatan seenaknya manusia, bencana alampun terjadi dimana saja, sebut saja banjir di Jakarta saat ini, semua itu terjadi karena manusia yang membuang sampah sampah limbah-limbah produksi atau rumah tangga, kesungai sehingga terjadi penyumbatan dipintu air yang menyebabkan air sugai tadi meluap ke daratan.


Jiwa Siswa SMA 8

Dan Pendidikan Lingkungan Hidup

Ecological Youth Environmental Source

Siswa Peduli Lingkungan Hidup

Cermin Insan Khalifah Fil Ardhi... Huu... Fil Ardhi...


Tafsir:
Sebagai sekolah Adiwiyata SMAN 8 Pekanbaru mendirikan organisasi ramah lingkungan yang bernama Ecological Youth Environmental Source atau biasa disingkat menjadi EYES. Dalam organisasi ini siswa dituntut untuk berperan aktif untuk menjaga Lingkungan disekitarnya, selain itu siswa non-EYES pun dapat juga berperan dalam kegiatan menjaga lingkungan. Denagn adnya oraganisasi ini diharapkan akan terbentuk generasi muda penerus bangsa yang berpikir cermat namun tetap ramah lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar